fbpx
ALLDENT - Cheap Dental Care, Fast and Quality
Risks and Reasons to Avoid Making Dentures at the Dentist

Risks and Reasons to Avoid Making Dentures at the Dentist

Making dentures is a complex process that requires expertise, medical knowledge, and the right technology. Often, individu mungkin tergoda untuk mencari jasa pembuatan gigi palsu di tukang gigi non-profesional karena faktor biaya atau kenyamanan. However, praktik ini menyimpan banyak risiko dan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mulut dan umum. Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan penting mengapa tidak disarankan membuat gigi palsu di tukang gigi.

1. Kurangnya Keahlian Medis

Tukang gigi biasanya tidak memiliki latar belakang pendidikan kedokteran gigi yang memadai. Tanpa pemahaman yang mendalam tentang anatomi mulut, fisiologi, dan prinsip-prinsip perawatan gigi, pembuatan dentures yang dilakukan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk infeksi, nyeri, dan kerusakan pada gusi dan gigi yang tersisa.

2. Risiko Kesalahan Pemasangan

Gigi palsu membutuhkan penyesuaian yang tepat agar sesuai dengan mulut pengguna. Kesalahan dalam pembuatan atau pemasangan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kesulitan mengunyah, atau bahkan cedera pada jaringan mulut. Profesional kedokteran gigi dilatih untuk memastikan bahwa gigi palsu pas dan fungsional, mengurangi risiko masalah yang disebutkan.

3. Bahan Berkualitas Rendah

Tukang gigi seringkali menggunakan bahan yang lebih murah dan berkualitas rendah untuk mengurangi biaya. Bahan-bahan ini mungkin tidak tahan lama, bisa menimbulkan reaksi alergi, atau bahkan mengandung zat berbahaya. Bahan berkualitas rendah ini dapat mempengaruhi kesehatan mulut dan umum, serta membutuhkan penggantian lebih sering, yang pada akhirnya lebih mahal.

4. Kurangnya Kontrol Infeksi

Praktik kebersihan dan kontrol infeksi sangat penting dalam semua prosedur kedokteran gigi. Tukang gigi non-profesional mungkin tidak mematuhi standar sterilisasi yang diperlukan, meningkatkan risiko penyebaran infeksi, termasuk penyakit menular seperti Hepatitis B dan C, serta HIV.

5. Tidak Ada Layanan Tindak Lanjut

Perawatan gigi palsu tidak berakhir setelah pemasangan. Dibutuhkan pemeriksaan rutin dan penyesuaian untuk memastikan kebersihan, kenyamanan, dan fungsi yang tepat. Tukang gigi biasanya tidak menawarkan layanan tindak lanjut atau perawatan darurat, yang bisa menyulitkan jika masalah muncul nanti.

6. Dampak Jangka Panjang terhadap Kesehatan Mulut

Penggunaan gigi palsu yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah jangka panjang, seperti perubahan struktur rahang, kerusakan gigi yang tersisa, dan penyakit gusi. Masalah-masalah ini tidak hanya mahal untuk diperbaiki tetapi juga dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup secara keseluruhan.

7. Tidak Ada Perlindungan Hukum

Jika terjadi masalah atau komplikasi karena pembuatan dentures oleh tukang gigi, pasien mungkin tidak memiliki perlindungan hukum atau jalan untuk mendapatkan kompensasi. Profesional medis berlisensi, di sisi lain, tunduk pada regulasi dan standar etika yang ketat, memberikan tingkat perlindungan tertentu kepada pasien.

Closing

Pembuatan dentures adalah investasi penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda, dan sebaiknya hanya dilakukan oleh profesional kedokteran gigi yang berkualifikasi. Meskipun mungkin tampak menghemat biaya di awal dengan

Yuk! Share this article
Also read other articles and promos
Consultations and reservations can be done directly via WhatsApp at the nearest Alldent branch!