ALLDENT - Perawatan Gigi Murah, Cepat dan Berkualitas

Senin - Minggu 10:00 - 20:00

Cara Membersihkan Gigi Palsu Lepasan Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Gigi Palsu Lepasan Agar Tidak Bau

Cara Membersihkan Gigi Palsu Lepasan Agar Tidak Bau – Memakai gigi palsu lepasan dapat mendongkrak rasa percaya diri dan menjadikan penampilan diri seseorang semakin menarik, asalkan mengetahui bagaimana cara-cara dalam melakukan perawatan. Gigi palsu lepasan terbuat dari bahan akrilik dan dapat dilepas pasang sendiri tanpa harus menghubungi dokter ketika ingin melepas atau memasangnya.

Bentuknya pun tidak permanen menempel di dalam mulut. Akan tetapi Anda harus berhati-hati dalam melakukan perawatannya, pasalnya apabila gigi lepasan tidak dirawat dengan baik dan tepat maka hal ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap serta adanya perubahan warna. Berikut ini cara mudah untuk melakukan perawatan pada gigi palsu lepasan yaitu:

1. Hati-Hati Saat Melepas atau Memasang

Saat melepas ataupun memasang gigi palsu, Anda harus berhati-hati. Pastikan bahwa tidak ada bagian yang patah atau bengkok. Untuk itu peganglah bagian gigi palsu dengan mantap, bersihkan setelah makan.

Setelah selesai makan Anda dapat melepas gigi palsu dan membersihkannya. Bilaslah pada air yang mengalir agar sisa makanan tidak menempel di gigi palsu. Agar tidak rusak jika gigi palsu terjatuh, silahkan alasi handuk.

2. Bersihkan Setiap Hari

Membersihkan setiap hari menjadi hal yang wajib supaya tidak berbau. Khususnya pada bagian gigi yang berlekuk-lekuk. Penggunaan sikat gigi harus berbulu lembut agar dapat membersihkan plak gigi, sisa makanan, ataupun kotoran yang lainnya.

3. Bersihkan Rongga Mulut

Jika Anda sudah melepas gigi palsu maka langkah selanjutnya yaitu dalam membersihkan bagian rongga mulut. Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Selain itu Anda juga perlu membersihkan bagian pipi dalam, bagian lidah, langit-langit dan bersihkan bagian gusi yang sudah terkena lem gigi sampai bersih.

4. Rendam Gigi Palsu

Perendaman gigi palsu dapat dilakukan paling tidak semalam menggunakan air bersuhu ruangan serta gunakan cairan khusus untuk gigi palsu. Beberapa jenis dari gigi palsu perlu direndam supaya bentuknya tidak berubah dan tetap lembab.

5. Bersihkan Sebelum digunakan

Bersihkan gigi palsu melalui air mengalir ketika hendak digunakan lagi. Cairan pada gigi palsu yang direndam mempunyai kandungan berupa zat kimia sehingga jika tidak dibersihkan terlebih dahulu bisa menyebabkan muntah apabila tertelan.

6. Rutin Kontrol Ke Dokter

Pergi ke dokter untuk melakukan pengontrolan gigi palsu juga menjadi solusi agar gigi tetap sehat bersih dan tidak berbau. Untuk pengontrolan usahakan untuk 1 tahun sekali. Hal ini dikarenakan gigi gusi bisa saja mengalami penyusutan. Daya tahan gigi palsu selama 5 hingga 10 tahun. Sehingga Anda dapat pergi ke dokter untuk memperbaiki adanya perubahan pada gigi.
Dalam melakukan perawatan gigi palsu terutama gigi palsu lepasan maka harus dilepas pada setiap malamnya, disikat kemudian direndam pada wadah khusus yang aman. Hal ini bertujuan supaya bisa mengurangi jamur yang menempel di bagian gigi palsu. Tidak hanya itu saja, melepaskan gigi palsu sebelum tidur bisa mengistirahatkan gusi dari adanya tekanan pada gigi palsu. Dengan demikian gusi menjadi sehat dan terhindar dari sariawan.

Yuk! Share artikel ini
Baca juga artikel dan promo lainnya